• Bisnis Exclusive

    Create your own banner at mybannermaker.com!
  • Create 

your own banner at mybannermaker.com!
  • Daftar DBS

Ini Dia 14 Orang Indonesia Terkaya di Dunia

NEW YORK – Orang kaya Indonesia di dunia masih didominasi wajah-wajah lama bila dibandingkan dengan tahun lalu. Bos Djarum masih tercatat menjadi orang terkaya Indonesia di dunia.

Kali ini, ada 14 orang Indonesia yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, seperti dikutip dari situsnya, Kamis (10/3/2011).

1 dan 2. Hartono Bersaudara. Budi Hartono menjadi orang terkaya di dunia dan berada di peringkat ke-208 dan Michael Hartono di peringkat ke 208 dengan jumlah kekayaan mencapai USD5 miliar.

Bersama kakaknya Budi Hartono, yang mewarisi perusahaan pembuat rokok kretek yaitu Djarum, mereka terus mengembangkannya hingga perusahaannya bisa menjadi sebesar seperti sekarang ini.

Selain memliki perusahaan pembuat rokok kretek, mereka juga memiliki pusat perbelanjaan mewah, yaitu Grand Indonesia, gedung perkantoran dan sebuah kompleks hotel yang bertempat di Jakarta Pusat.

3. Pengusaha tambang yang mempunyai perusahaan PT Bayan Resources Tbk (BYAN) Low Tuck Kwong dengan jumlah kekayaan mencapai USD3,6 miliar. Dirinya yang menempati posisi ke-304 ini, baru-baru ini telah memiliki kesepakatan untuk mengakuisisi saham mayoritas di perusahaan tambang asal Australia.

Selain itu, Low juga memiliki saham di Manhattan Resources Singapura. Pria berusia 62 tahun ini pun memiliki kebun binatang di Kalimantan dengan puluhan hewan di antaranya beruang madu, burung merak, dan orangutan.

4. Martua Sitorus menempati peringkat ke-420 dengan jumlah kekayaan mencapai USD2,8 miliar. Salah satu produsen kelapa sawit di dunia yaitu Wilmar Internasional ini memperluas ekspansi usahanya dengan membeli Sucrogen yang merupakan perusahaan gula terbesar di Australia.

5. Pengusaha Peter Sondakh menempati peringkat ke-488 ini mempunyai kekayaan mencapai USD2,4 miliar. Pemilik Rajawali Corp ini menjual sahamnya di Semen Gresik sebesar USD1,1 miliar. Selain itu Pria berusia 59 tahun ini telah memiliki investasi di bidang perhotelan dan tengah melihat untuk bisa berinvestasi pada emas dan batu bara.

6. Sri Prakash Lohio, yang menduduki posisi ke-564 ini mempunyai jumlah kekayaan mencapai USD2,1 miliar. Pria keturunan India yang sekarang menjadi warga Negara Indonesia ini merupaka salah satu Produsen Polyester terbesar di Indonesia. Pria berusia 59 tahun ini juga memiliki banyak perusahaan swasta maupun public di bidang tekstil.

7. Pemilik kekayaan mencapai USD2 miliar, Kiki Barki menempati peringkat ke-595. Pengusaha batu bara ini memantapkan posisinya di sektor usaha ini setelah melakukan public offering Harum Energy pada November 2010. Selain itu Kiki juga memliki saham di Australia yang terdaftar menjadi penambang batu bara.

8. Sukanto Tanoto yang kekayaannya mencapai USD1,9 miliar menduduki peringkat ke-651. Konglomerat Royal Golden Eagle ini memiliki perusahaan kelapa sawit Asian Agri yang beroperasi di China dan Brazil.

9. Edwin Soeryadjaja yang memiliki kekayaan mencapai USD1,6 miliar menempati posisi ke-782. Putra mantan miliader yang mendirikan Astra Otomotif akan tetapi dilanda kebangkrutan sehingga kehilangan control dan kekayaannya, lalu dia pun mendirikan perusahaan Ekuitas Satoga Capital yang juga memiliki sebagian besar tambang batu bara di Adaro Enegy.

10. Pengusaha di bidang tambang Garibaldi Tohir kekayaannya tercatat mencapai USD1,5 miliar menduduki peringkat ke-833. Pendiri PT Wom Finance yang merupakan salah satu perusahaan keuangan public terbesar di Indonesia ini mempunyai 30 persen sahamnya pada Adaro Energy.

11. Theodore Rachmat yang kekayaannya mencapai USD1,3 miliar dan menempati posisi ke-938.

12. Bos Para Group Chairul Tanjung mempunyai kekayaan mencapai USD1,1 miliar, dirinya menempati posisi ke-1.057. Konglomerat berusia 48 tahun ini memiliki lingkup bisnis di bidang stasiun televisi, memiliki waralaba Baskin and Robins, membeli 40 persen saham retail di Carrefour Indonesia sebesar USD300 juta pada tahun lalu dan berencana untuk membuat taman dengan tema Asia Tenggara di Jakarta.

13. Murdaya Poo dengan kekayaan mencapai USD1,1 miliar menempati peringkat ke-1.057.

14. Beny Subianto, salah satu pemegang saham terbesar di Adaro Energy ini kekayaannya mencapai USD1 miliar. Pengusaha batu bara yang menjadi orang terkaya peringkat ke-1.140 juga menjalankan perusahaan kelapa sawit di bawah grup Astra.

Sumber : http://news.id.msn.com/okezone/business/article.aspx?cp-documentid=4700669

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: