• Bisnis Exclusive

    Create your own banner at mybannermaker.com!
  • Create 

your own banner at mybannermaker.com!
  • Daftar DBS

Laptop Murah Dorong Pertumbuhan Pasar

KENDATI popularitas komputer tablet kian mengekskalasi, pangsa pasar laptop di Indonesia tetap besar dan tumbuh. Hal ini diungkapkan Division Head Manager Notebook Advan Digital Thandra Lianto.

“International Data Corporation (IDC) meramalkan Indonesia akan menjadi pasar notebook terbesar di Asia Tenggara dengan penjualan notebookyang pada tahun ini diprediksi tumbuh hingga 30 persen,” katanya.

Tjandra mengungkapkan, saat ini banyak pengguna komputer di Indonesia yang melakukan peralihan (shifting) dari desktop PC ke laptop.

“Perbandingan laptop dan desktop PC yang terjual bisa satu berbanding dua,” katanya.

Pasar pengguna komputer jinjing atau notebook di Indonesia terus bertambah. Menurut hasil riset terbaru IDC, penjualan notebook pada kuartal II-2010 di Indonesia mencapai 1,1 juta unit atau naik 40 persen dari kuartal II-2009.

Total penjualan notebook pada kuartal I-2010 mencapai 2,18 juta unit atau naik 32,46 persen dibandingkan kuartal I-2009. Dari data tersebut, penjualan laptop terbanyak untuk segmen low end di kisaran harga Rp4 jutaan, yaitu sebanyak 45 persen dari total penjualan.

IDC memprediksi pasar notebook di Indonesia akan mencapai 6 juta unit pada 2011 dan menjadi terbesar di Asia Tenggara pada 2015 mendatang. Untuk memperketat persaingan, Advan menggandeng vendor prosesor AMD merilis notebook khusus bagi penggemar komputer multimedia yang menginginkan performance tinggi melalui Advan Soulmate M4-33125.

Advan Soulmate dilengkapi prosesor AMD Athlon 2 Dual Core N330 2.3Ghz dan kartu grafis ATI Radeon HD 250. RAM-nya 1GB DDR3, kapasitas penyimpanan 250 GB, dan berlayar 14 inci LED. Desainnya minimalis dan simpel sehingga nyaman digunakan untuk bermain game, menonton film HD, dan mengakses aplikasi yang membutuhkan kualitas grafis tinggi.

“Banyak pengguna yang mendambakan performa dan kualitas grafis. Nah, segmen itu yang kami tuju,” paparnya. Kualitas baterainya 6 cell dan mampu bertahan selama 3-4 jam. Adapun yang menarik adalah harga notebook 4 warna itu hanya Rp3,999 juta atau setara dengan harga netbook. Ditargetkan,Advan Soulmate akan terjual sebanyak 2.000 unit pada tahap awal.

Advan adalah salah satu merek laptop lokal Indonesia yang paling populer. Menurut data IDC, Advan menempati posisi 6 pada 10 besar vendor laptop terbesar di Indonesia setelah Lenovo, Asus, Toshiba, Hewlett-Packard, dan Acer.

“Namun, untuk produk lokal, kami nomor satu,” paparnya. Country Manager AMD Indonesia Heriyanto Arief mengatakan, pihaknya semakin serius untuk menggamit partner lokal. Sebelumnya, AMD lebih populer di kalangan komputer rakitan. AMD dicari oleh mereka yang mendambakan grafis tajam dan powerful. (Koran SI/ Danang Arradian)

 sumber : http://news.id.msn.com/okezone/sci-tech/article.aspx?cp-documentid=4665651

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: